Tips Memilih Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris

Diposting oleh Dial Gigih Prakasa on Senin, 03 September 2012

Skripsi adalah perjuangan akhir mahasiswa ketika masa perkuliahan, dan karena merupakan tugas akhir maka tidak dapat dipungkiri bahwa tugas inilah yang terberat dari tugas-tugas sebelumnya. Sehingga, skripsi menjadi momok yang menakutkan bagi setiap mahasiswa seperti halnya juga bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi memang perlu disiapkan secara serius. Akan tetapi, juga nggak perlu disikapi sebagai mimpi buruk atau beban yang maha berat.
Miskonsepsi tentang Skripsi
Berikut ada sedikit tips yang semoga dapat membantu :

Memilih judul skripsi
Membahas mengenai proses pembuatan skripsi, salah satu faktor vital atau prosedur awal dalam pembuatannya adalah judul. Judul skripsi merupakan proses awal dan akan mempengaruh seluruh bagan yang lain. Nah, kita harus menentukan dulu judul skripsi sebelum berpindah ke yang lain. Dalam penentuan judul skripsi, juga tidak asal-asalan. Ada teknik-teknik khusus yang perlu kita ketahui. apakah itu? Lihat sebagai berikut :
Pilh judul yang menarik menurut Anda serta dosen pembimbing. Hal ini akan mempermudah konsultasi Anda dengan dosen pembimbing.
Pilih judul sesuai dengan minat, kemampuan serta prospek masa depan sesuai jurusan Anda.
Pilih judul yang memiliki banyak referensi atau mudah dicari di internet atau sumber lainnya. Hal ini akan mempermudah Anda dalam pengumpulan data.
Carilah beberapa contoh judul skripsi melalui internet. Misalnya: judul skripsi bahasa Inggris tentang writing skill. (Tulisan merah bisa diganti sesuai dengan minat, bakat, serta jurusan Anda).

Melakukan Survei
Lakukanlah survei berkaitan dengan judul tersebut. Hal ini akan membantu Anda menentukan tingkat kesulitan judul yang dibuat

Menentukan Jenis Skripsi 
Tentukanlah jenis skripsi yang akan Anda buat seperti Classroom Action Research atau lainnya. Dalam hal ini terkait dengan media yang akan digunakan. Alangkah lebih baik jika Anda menambahkan beberapa kata kunci ber bahasa Inggris walaupun Anda bukan jurusan bahasa Inggris.Susunlah kata- kata yang membentuk judul yang menarik melalui langkah- langkah di atas. Hal ini akan meyakinkan dosen pembimbing bahwa tulisan ini memang layak untuk diteliti.

Demikianlah cara atau Tips Memilih Judul Skripsi semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan anda untuk bisa menulis skripsi.

{ 5 komentar... read them below if any or add comment }

Mustacchio mengatakan...

Judul pada dasarnya mengikuti masalah yang akan diangkat. Jadi sebelum menentukan judul akan lebih mudah jika kita menentukan masalah apa yang akan kita angkat. Masalah apa yang sekiranya menarik bagi kita.

englishinfection mengatakan...

setuju sob... bilamana masalah itu merupakan minat untuk penelitian kita maka apa yang akan kita lakukan bersumber dari hati dan tidak ada rasa paksaan bahkan kita semakin enjoy mengerjakannya... terima kasih sudah berbagi @Mustacchio

Judul Skripsi mengatakan...

mantap gan... sangat inspiratif

Fitria Ulfa | STAIN Bengkalis mengatakan...

skill yang mudah untuk penelitian apaa ya..terkadang permasalahan tentang pendidikan khususnya dskolah scra tak langsung berakhir sama..

Unknown mengatakan...

Bgaman membuat jdul skripsi bagi pemula